Menjaga Keutuhan Rumah Tangga

menjaga-keutuhan-rumah-tanggaKami merangkum beberapa tips umum yang perlu Anda ketahui untuk menjaga keutuhan rumah tangga, sebagai satu-satunya solusi mencegah terjadinya trauma pada buah hati yang diakibatkan oleh perceraian.

1. Komunikasi merupakan kunci utama suksesnya sebuah pernikahan

Pastikan Anda dan pasangan telah membentuk suatu komunikasi yang efektif dan adil bagi kedua belah pihak sebagai salah satu kunci dalam menjaga keutuhan rumah tangga. Komunikasi yang Anda terapkan bersama pasangan dapat menjadi pembelajaran untuk anak-anak tentang bagaimana cara berbicara dan mengutarakan isi hati mereka.

2. Belajarlah untuk memberi dan menerima

Ketika dua orang hidup bersama, kompromi adalah suatu hal yang tak bisa dihindari untuk menjaga keutuhan rumah tangga. Manusia bukanlah makhluk sempurna, jadi ia masih membutuhkan pertolongan dari manusia lainnya.

3. Redam emosi

Saya mengenal seseorang yang masih mengingat setiap detil pertengkaran orang tua saat ia masih duduk di sekolah dasar, dan sekarang usianya 30 tahun lebih. Anak-anak tidak memahami mengapa ayah dan ibu saling berteriak (dan berbaikan lagi, dan saling berteriak lagi), serta bersikap seolah mereka tidak ada. Peristiwa ini disimpan dalam memori otak, yang di kemudian hari juga akan mereka lakukan pada pasangan/ keluarganya.

Utamakan pernikahan di atas segalanya. Bersedia atau kerelaan untuk berkorban demi menjaga keutuhan rumah tangga dengan menomorsatukan ‘sesuatu yang seharusnya’ daripada ‘sesuatu yang kuinginkan’ mungkin tidak mudah, terutama bagi Anda yang menikah di usia muda. Pengorbanan mungkin pahit di awal, namun akan indah pada waktunya.

4. Jangan mengharap imbalan/pamrih

Jangan mengharapkan balasan dari semua yang Anda lakukan, baik sebagai istri/suami maupun sebagai orang tua dari anak-anak Anda. Ada hal-hal di dunia ini yang tak bisa dipertimbangkan berdasarkan untung rugi, karena keberhasilan Anda dalam menjaga keutuhan rumah tangga adalah sesuatu yang tak bisa dibeli.

Harapan mungkin baik untuk menjaga semangat hidup, namun berharap lebih dekat pada angan-angan yang belum tentu akan terjadi. Anda bisa saja tidak siap dengan kenyataan dan menyalahkan pasangan atas kondisi tersebut.

5. Saling menghargai

Menghargai pasangan dengan melayani dan memahami keinginannya tidak sama dengan merendahkan harga diri Anda. Seorang pasangan yang baik akan memutuskan untuk mengalah meski menjaga keutuhan rumah tangga kadang terasa tak mengenakkan. Ingatlah selalu bahwa Anda melakukannya demi anak-anak, dan demi masa depan yang lebih baik.

SUMBER

Pusat Solusi Supranatural